• Home
  • Profile
  • Member KKPA
  • Tulis Artikel
  • Contact Person

8 TIPS MENDAKI SAAT MUSIM HUJAN

 on Senin, 24 Oktober 2016  

Apakah bagi kamu musim penghujan merupakan penghalang saat pendakian? hmm.. mungkin bagi pendaki ulung seperti kamu musim penghujan bukanlah ancaman serius, karena mendaki gunung merupakan panggilan jiwa dan seorang petualang tentu akan mempunyai sifat pantang menyerah apapun resikonya. Untuk menganisipasi adanya resiko yang tidak diinginkan, perhatikan hal-hal berikut sebelum pendakian:
1. Bawalah Bekal Makanan yang Banyak,
Saat musim hujan tentu perut kita akan sering lapar maka dari itu bawalah makanan yang cukup, jangan sampai kamu kelaparan di tengah hujan karena akan sangat berisiko.

2. Simpan Barang Bawaan Dalam Plastik Kedap Udara
Hal ini sangat penting dilakukan, jika tidak barang bawaan kamu akan sia-sia dibawa karena basah.Pilihlah plastik kedap udara agar air sama sekali tidak masuk membasahi barang. Utamakan menyimpan gadget dan pakaian dalam plastik dan usahakan terpisah.

3. Pakailah Pakain (Jaket) Hangat
Saat musim hujan angin biasanya berhembus cukup kencang, dengan jaket yang tebal dan hangat kamu akan terhindar dari masuk angin yang bisa mengakibatkan tubuh tidak fit.

4. Pakai Sepatu Boot
Sepatu boots jadi alas kaki terbaik untuk dikenakan ketika musim hujan tiba. Dengan menggunakan sepatu ini, Anda jadi bisa melangkah dengan nyaman tanpa kuatir air masuk ke dalam sepatu. Selain itu, kaki pun akan terasa lebih hangat.

5. Siapkan Ponco
Jika sudah ada tanda – tanda air hujan akan turun, segera kenakan jas hujan atau ponco. Gunanya tentu untuk melindungi tubuh terkena langsung air hujan yang turun deras.

6. Gunakan Gaiter
Tentunya ini akan menjadi rintangan sendiri yang harus dihadapi pendaki. Dengan memakai gaiter, setidaknya dapat mengurangi serangan binatang pacet yang sering menempel di kaki.

7. Jangan Berkemah Jika Cuaca tidak Memungkinkan
Berkemah di gunung saat musim hujan akan terasa sangat tidak nyaman. Apalagi jika ada banyak perlengkapan yang basah seperti pakaian, tas, sepatu dan sebagainya. Rembesan air juga menjadi salah satu gangguan ketika barang bersentuhan dengan tenda. Untuk itu, perlu menentukan gunung yang tepat dengan rute yang tidak terlalu panjang

8. Pakailah Trekking Pole
Penggunaan trekking pole atau tongkat pendakian bisa sangat membantu atau jika tidak ada anda juga bisa menggunakan ranting pepohonan yang telah patah. Hal ini tentu sangat membantu kareba keadaan tanah licin dan sangat beresiko terpeleset atau tergelincir.
Demikian 8 Tips yang bisa kamu siapkan saat ingin melakukan pendakian di musim penghujan.
Semoga bermanfaat & Salam Lestari 

8 TIPS MENDAKI SAAT MUSIM HUJAN 4.5 5 Unknown Senin, 24 Oktober 2016 Apakah bagi kamu musim penghujan merupakan penghalang saat pendakian? hmm.. mungkin bagi pendaki ulung seperti kamu musim penghujan bukan...


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

J-Theme