• Home
  • Profile
  • Member KKPA
  • Tulis Artikel
  • Contact Person

SEJARAH KOMUNITAS KUPIJAK ALAM

 on Selasa, 18 Oktober 2016  


Komunitas Kupijak Alam (KKPA) merupakan salah satu komunitas pecinta alam yang bertujuan untuk menjadikan suatu wadah kecintaannya pada alam bagi masyarakat dan memperluas serta mempertinggi rasa cintanya terhadap alam.  Awal mula berdirinya KKPA adalah bernama Pendaki Gunung Nusantara (PGN). PGN berdiri pada saat itu adalah group media sosial yang didirikan pada senin, 23 Mei 2016 oleh Sdr. Indah dengan adminnya adalah Sdr. Indah, Sdr. Bayu dan Sdr. Marlan. PGN beranggotakan sekelompok pendaki gunung dari beberapa wilayah di Indonesia antara lain JABODETABEK, Jawa Tengah, Jawa Timur serta daerah-daerah lainnya. 
Setelah satu bulan berjalan, arah PGN semakin tidak ada kejelasan untuk kedepannya seperti apa, maka dari itu perwakilan dari setiap daerah mengusulkan untuk membentuk suatu komunitas pecinta alam dan diadakannya KopDar di Lapangan Sempur, Bogor. Setelah mempertimbangkan dan memperhitungkan banyak hal dari hasil Kopdar di lapangan Sempur Bogor, pewakilan Jabodetabek yaitu Sdr. Marlan Munaji, Sdr. Rahmat Chatno, Sdr. Dany Xila Etha, Sdri. Widi dan Sdri. Anggun bertekad memperbaharui Pendaki Gunung Nusantara (PGN) menjadi  suatu komunitas pecinta alam dengan mengganti nama menjadi Komunitas Kupijak Alam (KKPA) pada sabtu, 18 Juni 2016 di kediaman Sdr. Marlan (Gunung Batu, Bogor). 
Komunitas Kupijak Alam berdiri di Gunung Batu, Bogor. Nama yang digunakan adalah Kupijak Alam yang berartikan kita sedang berpijak pada Alam. Kenapa memilih nama kupijak alam? Karena nama kupijak alam sesuai dengan seorang pecinta alam yang pastinya berpijak pada alam. KKPA sendiri mempunyai motto yaitu Kupijak Tak Kurusak yang bermakna berpijaklah pada alam tapi jangan sampai kau merusak indahnya alam.
Dengan dirubahnya Pendaki Gunung Nusantara menjadi Komunitas Kupijak Alam ini, diharapkan dapat menjadi suatu wadah bagi masyarakat tentang alam serta peduli dan mempertinggi rasa cintanya terhadap pelestarian alam.

VISI
Menjadikan suatu komunitas untuk menghimpun, memberikan informasi, menggali informasi, menggali potensi, membina, memberdayakan, mengajak dan mengembangkan organisasi pecinta alam yang berguna bagi masyarakat di bidang outdoor sport maupun lingkungan demi kelestarian alam dan lingkungan di daerahnya masing-masing untuk menanamkan potensi positif yang ada di pecinta alam kepada masyarakat agar mengetahui fungsi alam sebagai JANTUNG BUMI yang tidak lain adalah inti dari kehidupan karena faktor utama untuk bernafas bagi makhluk hidup di bumi.

MISI
Sesuai Visi diatas maka Misi Komunitas Kupijak Alam yang ditetapkan adalah :
  • Menjalin tali silaturahmi dengan organisasi pecinta alam di daerah masing-masing saling bertukar dan berbagi informasi dengan organisasi pecinta alam semesta Indonesia Raya.
  • Mendidik, melatih dan mensosialisasikan segala hal yang berhubungan dengan kecintaan terhadap alam dan juga tentang lingkungan.
  • Berperan aktif untuk menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan di daerahnya masing-masing .
  • Mengajak dan menyadarkan masyarakat atas potensi positif tentang organisasi pecinta alam untuk merubah paradigma negatif masyarakat tentang organisasi pecinta alam.
  • Melakukan usaha-usaha untuk berinovasi di bidang kepencintaan alam.
  • Melatih mental sikap tenggang rasa, kepedulian yang tinggi, berjiwa sosial, dan peduli terhadap sesama maupun lingkungan sekitar.
  • Mengerti akan pentingnya alam agar sedikit berkurang potensi kerusakan alam.
  • Agar menjadi pribadi yang tidak sembrono terhadap alam dan menjadi pribadi yang peduli terhadap kelestarian alam.

ARTI LOGO
Arah Kompas yang berartikan petunjuk arah, dimana petunjuk arah tersebut agar bisa menunjukan arah yang benar dan berada dijalan yang semestinya, serta semua arah yang dituju Insya Allah akan kita tempuh tentunya ke hal yang positif.                                                                       
Gunug Yang Menjulang Tinggi yang berada didalam Lingkaran Kompas berartikan seseorang pencinta alam harus Memiliki cita-cita tinggi seperti halnya gunung yang menjulang tinggi. Serta Seorang Traveller yang berada disamping kompas berartikan seseorang yang mencintai dan menghargai alam tentunya harus berusaha senantiasa untuk melestarikan dan menjaga kelestarian alam. Tulisan KKPA yang berada didalam lingkaran merupakan kepanjangan dari nama Komunitas Kupijak Alam.
Tulisan Kupijak Tak Kurusak merupakan motto dari KKPA itu sendiri yang berartikan seorang pecinta alam senantiasa tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja akan tetapi harus menjaga dan melestarikan alam tanpa merusak ekosistem alam itu sendiri. Warna Biru pada lingkaran didalam kompas berartikan gambaran langit biru yang sangat luas seperti hal nya pemikiran pecinta alam yang selalu luas dan terbuka untuk menemukan gagasan-gagasan baru terutama untuk menciptakan terjaganya kelestarian alam.
Warna Hitam pada logo KKPA berartikan seorang pecinta alam dalam mengambil keputusan dan tanggung jawab haruslah tegas seperti halnya warna hitam yang mempunyai arti tegas dan kegagahan. Warna Putih pada logo KKPA berartikan kesucian niat dalam jati diri seorang pecinta alam. Tulisan Kupijak Alam merupakan nama komunitas ini sendiri.

SEJARAH KOMUNITAS KUPIJAK ALAM 4.5 5 Unknown Selasa, 18 Oktober 2016 K omunitas Kupijak Alam (KKPA) merupakan salah satu komunitas pecinta alam yang bertujuan untuk menjadikan suatu wadah kecintaannya p...


J-Theme